Cara Mengajukan Klaim Asuransi

Cara Mengajukan Klaim Asuransi – Dengan asuransi itu, semuanya tampak sangat sederhana. Jika terjadi kerugian, beri tahu perusahaan asuransi Anda dan Anda akan mendapatkan penggantian – bukan? Yah… mungkin tidak semudah itu. Ada beberapa langkah dasar yang harus Anda ikuti untuk memastikan klaim asuransi Anda dibayar dengan cepat dan lunas.

Persiapkan terlebih dahulu. Hal terpenting yang bisa membuat hidup lebih mudah saat terjadi kerugian adalah mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Apakah Anda memiliki salinan file komputer Anda di luar kantor? Bagaimana dengan file kertas? Jika ini semacam kehilangan harta benda, nilainya harus didokumentasikan. Jika catatan yang rusak perlu dipulihkan, pembayaran asuransi akan tertunda dan akan lebih sulit untuk membuktikan nilai kerugiannya.

Perkirakan kerugian Anda. Mungkin tidak mungkin untuk mengetahui tingkat kerugian sepenuhnya, tetapi kembangkan perkiraan. Jika deductible Anda mendekati atau di bawah deductible Anda, kami menyarankan Anda untuk tidak mengajukan klaim. Tarif Anda sebagian didasarkan pada riwayat penagihan Anda, jadi tidak ada untungnya mengajukan klaim bahwa pada akhirnya Anda akan membayar sendiri. Namun perlu diketahui bahwa sebagian besar produk asuransi mengharuskan Anda untuk melaporkan kerugian dalam jangka waktu tertentu (biasanya 2-4 minggu).

Hubungi agen Anda. Banyak perusahaan asuransi mengharuskan Anda untuk melaporkan klaim langsung ke departemen klaim. Ini lebih efisien bagi mereka, tetapi belum tentu lebih baik bagi Anda. Seorang agen asuransi dapat mewakili sebuah perusahaan, tetapi pendapatannya bergantung pada bagaimana membuat kliennya bahagia. Secara khusus, agen independen adalah pemilik usaha kecil dan memiliki loyalitas dasar untuk bisnis mereka. Jika Anda adalah pemilik usaha kecil, agen asuransi memahami bahwa bisnis mereka tergantung pada kepuasan pelanggan mereka.

Tetap berhubungan dengan regulator. Pada akhirnya, perusahaan asuransi akan menunjuk seorang mediator untuk bekerja dengan Anda untuk memperkirakan dan membayar kerugian. Kami bekerja dengan regulator dan merespons permintaan informasi dengan cepat dan lancar. Semakin mudah untuk melakukan pekerjaan, semakin cepat Anda akan menerimanya.

Pertimbangkan regulator independen. Jika kerugian Anda besar dan kompleks, Anda mungkin perlu menyewa mediator independen untuk bekerja untuk Anda. Jika Anda memutuskan untuk mengambil langkah ini, Anda harus menyewa seorang mediator yang berpengalaman dengan jenis kerugian yang akan hilang dari bisnis Anda.