Masa Depan Mobilitas dan Asuransi Otomotif

Masa Depan Mobilitas dan Asuransi Otomotif

Technews.id – Mobilitas telah mengambil alih setiap industri, dan industri asuransi mobil telah membuat tandanya. Dengan penggunaan GPS dan akselerometer sebagai aksesori berteknologi tinggi, teknologi seluler untuk industri otomotif juga telah membuat langkah besar dan perjalanan masih panjang. Di era di mana digitalisasi dan mobilitas adalah salah satu kebutuhan, sebagian besar penyedia asuransi mobil kehilangan banyak dokumen. Inilah sebabnya mengapa konsep mobilitas otomotif telah mengalihkan fokusnya ke industri asuransi.

Kombinasi solusi mobilitas seperti telematika, analitik, dan komunikasi meringankan beban perusahaan asuransi mobil dengan informasi tentang gaya mengemudi, pengumpulan intelijen, analisis, dan laporan yang bermanfaat bagi semua pemangku kepentingan.

Asuransi Berbasis Pengguna (UBI)

Perusahaan asuransi berjuang untuk mengalokasikan jumlah premi kepada pelanggan mereka. Meskipun perhitungan terbaik saya, saya menderita kerugian. Secara tradisional, perusahaan asuransi menghitung premi berdasarkan riwayat mengemudi, penggunaan kendaraan, klaim sebelumnya, dan skor asuransi berdasarkan kredit. Pemegang polis menganggap premi ini biasanya bernilai tetap.

Teknologi telematika akan mengubah wajah asuransi kendaraan melalui sistem penetapan harga asuransi berbasis penggunaan (UBI) di mana pelanggan membayar apa yang mereka gunakan, yaitu perilaku mengemudi. Pay-as-you-drive memberi pelanggan dan perusahaan asuransi kebebasan untuk menghitung premi berdasarkan riwayat mengemudi dan penggunaan kendaraan, serta informasi mengemudi aktual atau real-time.

Informasi waktu nyata

Telematika dapat menghitung setiap detail gaya mengemudi Anda, termasuk pengereman keras, akselerasi, gaya parkir, dan banyak lagi. Analytics mengintegrasikan, menganalisis, dan menafsirkan data ini untuk menyederhanakan pemahaman tentang pola dan risiko mengemudi pelanggan Anda. ) relevan. Informasi mengemudi ini dibagikan dengan perusahaan asuransi yang dapat digunakan untuk mengalokasikan jumlah premi kepada setiap pelanggan.

Perusahaan asuransi mobil menyadari perbedaan informasi waktu nyata dalam pemrosesan klaim. Kemampuan untuk menangkap data real-time berupa gambar, video, informasi mengemudi, dan lainnya, memberikan informasi yang tepat untuk memproses klaim atau menentukan jumlah asuransi pelanggan. Menghilangkan kemungkinan data yang dimodifikasi dan meningkatkan keakuratan informasi yang dianalisis.

Waktu dan efisiensi

Waktu adalah segalanya. Menunggu berminggu-minggu untuk agen asuransi untuk memproses klaim Anda bisa menjadi hal yang menakutkan. Perusahaan asuransi akan segera memberikan layanan yang lebih personal dan responsif kepada semua pelanggan. Perangkat seluler memungkinkan evaluasi klaim atau konsultasi dari kenyamanan pelanggan. Jika terjadi kecelakaan, data real-time ditangkap dalam bentuk video atau gambar, menghilangkan kemungkinan kerugian bagi kedua belah pihak melalui klaim yang tidak masuk akal atau informasi yang tidak lengkap. Otomatisasi mengurangi dokumen dan redundansi. Pada saat yang sama, ini meningkatkan efisiensi dan mempercepat pemrosesan klaim.

Manajemen data

Mengelola sejumlah besar data telah menjadi pekerjaan anak-anak karena dokumen berkurang dan kerangka kerja analitis berteknologi maju diperkenalkan. Analytics menggunakan algoritme kompleks dan persamaan matematis untuk mengatur, menganalisis, dan menafsirkan sejumlah besar informasi. Kemampuan untuk secara instan dan akurat mengambil informasi yang relevan akan menghemat banyak jam kerja.

Diluar asuransi

Solusi mobilitas untuk perusahaan asuransi mobil hadir dengan layanan tambahan seperti bantuan tanggap darurat dalam keadaan darurat, geofencing yang memungkinkan orang tua untuk memantau mengemudi remaja, keterlibatan pelanggan untuk memastikan loyalitas pelanggan, saran mengemudi, dan opsi khusus lainnya. . Perusahaan asuransi akan dapat melampaui layanan tradisional untuk kenyamanan pelanggan.

Tantangan Telematika

Namun, ada beberapa kekhawatiran tentang penggunaan telematika oleh perusahaan asuransi. Regulasi standar untuk pengambilan data dan proses belum ditentukan. Hal ini menimbulkan kekhawatiran tentang hilangnya privasi atau penyalahgunaan data. Masalah lainnya adalah ketika pelanggan ingin beralih ke perusahaan asuransi lain. Perusahaan asuransi baru mungkin tidak menerima data mengemudi karena mereka mengumpulkan data secara berbeda. Hal ini dapat mengakibatkan pelanggan kehilangan manfaat dan harus memulai dari awal.

Meskipun demikian, teknologi telematika merupakan teknologi yang relatif baru dan belum sepenuhnya menguasai pasar. Seperti halnya teknologi baru, setiap kekurangan akan diperbaiki seiring waktu. Karena keuntungan mobilitas mobil lebih besar daripada kerugiannya, tantangan ini tidak akan menjadi hambatan untuk integrasi mobilitas mobil dengan asuransi. Semakin, semua perusahaan asuransi akan sangat bergantung pada solusi mobilitas untuk mengembangkan bisnis mereka, dan penggunaan asuransi mobil akan menjadi tak terelakkan.

Aplikasi seluler Xemplar yang intuitif dan hemat biaya memberikan pengalaman telematika terintegrasi berfitur lengkap kepada perusahaan asuransi dan pelanggan. Ini bukan hanya “aplikasi” lain. Alat geolokasi, pelacak kecepatan dan jarak tempuh, peringatan lalu lintas, dan lainnya memungkinkan perusahaan asuransi mengukur statistik mengemudi pelanggan secara real time sambil menghubungkan mesin peringkat perusahaan asuransi dengan sistem backoffice broker untuk menciptakan transaksi yang cepat dan nyaman. Dengan demikian, sistem telematika Xemplar membantu secara signifikan mengurangi biaya operasional dan modal, meningkatkan pendapatan, dan terlibat dengan pelanggan secara teratur.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *