Panduan Singkat Klaim Asuransi

Panduan Singkat Klaim Asuransi

Pertama-tama, Anda perlu memahami apa itu klaim asuransi. Ini akan memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang keseluruhan proses dan membuatnya lebih mudah karena Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan langkah demi langkah sehubungan dengan keseluruhan proses.

Klaim adalah klaim kepada perusahaan asuransi atas kerusakan yang diderita setelah kecelakaan mobil, atau meminta perusahaan asuransi untuk bertindak atas nama Anda atau campur tangan jika Anda bertanggung jawab atas kerusakan tersebut.

Anda membayar banyak untuk asuransi mobil, jadi masuk akal untuk mengajukan klaim jika Anda terlibat dalam kecelakaan. Bergantung pada apakah kecelakaan itu bertanggung jawab atau tidak, dan jenis kerusakannya, perusahaan asuransi Anda mungkin menawarkan pertanggungan tergantung pada jenis pertanggungan asuransi mobil yang Anda miliki.

Klaim dapat dibayarkan sebagai bagian dari persyaratan asuransi mobil minimum, seperti pertanggungan komprehensif, pertanggungan tabrakan, atau kewajiban. Tergantung pada keadaan kecelakaan mobil, Anda mungkin bisa mendapatkan kompensasi dari bagian polis asuransi Anda.

Jika Anda bertanya-tanya apakah proses klaim kecelakaan mungkin lebih sulit untuk ditanggung daripada kecelakaan itu sendiri, kabar baiknya adalah pengajuan klaim biasanya cukup mudah. Dengan mengikuti pendekatan terstruktur dan dengan hati-hati mendokumentasikan apa yang terjadi, Anda dapat mengumpulkan semua informasi yang Anda butuhkan. Panduan berikut akan membantu Anda memastikan proses berjalan lancar.

Lokasi Kecelakaan

Salah satu cara terbaik untuk mempercepat seluruh proses penagihan adalah memulainya dengan benar, dan itu dimulai dengan situs mogok itu sendiri. Semakin banyak informasi dan bukti bagus yang Anda kumpulkan di sana, semakin baik.

Inilah yang akan Anda dapatkan:

  • Privasi: Kami ingin mendapatkan informasi pribadi dasar dari semua orang di lapangan. Ini termasuk semua pengemudi, penumpang dan penonton lainnya. Dapatkan nama, nomor telepon, alamat rumah, dan email mereka. Apa pun yang Anda dapat dengan mudah menemukan nanti. Jika Anda punya waktu, catatlah apa yang dilihat dan didengar setiap Saksi. Berikan semua informasi ini kepada koordinator klaim, tetapi simpan salinannya.
  • Informasi Asuransi: Ini sangat penting. Pastikan untuk bertukar informasi asuransi dengan pengemudi semua kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan itu. Ini mungkin hal pertama yang akan diminta oleh penyelenggara Anda.
  • Gambar: Saya mengambil banyak gambar dari lokasi kecelakaan. Alangkah baiknya jika Anda bisa mengambil gambar sebelum melepasnya, tetapi jangan membuat situasi berbahaya hanya untuk mengambil gambar. Pastikan untuk memotret mobil Anda, semua kendaraan lain yang terlibat, dan kerusakan lainnya. Ambil foto lokasi kecelakaan. Sudut yang berbeda selalu membantu. Jika memungkinkan, ambil gambar pihak-pihak yang terlibat dan saksi-saksi. Dan terakhir, ambil foto kartu asuransi masing-masing pihak.
  • Penegakan Hukum: Selalu laporkan ke polisi setelah terjadi kecelakaan. Ini mungkin tidak responsif, tetapi selalu patut dicoba. Ketika mereka tiba, periksa nama operator. Mereka akan memberi tahu Anda cara mengumpulkan informasi mereka, melakukan wawancara atas laporan, dan mendapatkan salinan laporan setelah selesai. Ambil dokumen yang mereka berikan kepada Anda dan berikan salinannya kepada penyelenggara Anda.

Hubungi Perusahaan Asuransi

Anda mungkin pernah mendengar pepatah, “Kebanyakan kejahatan diselesaikan dalam waktu 48 jam setelah insiden.” Karena TKP tetap ada dan detailnya masih jelas di benak para saksi. Hal yang sama berlaku untuk kecelakaan mobil. Kami tidak berbicara tentang kejahatan di sini (saya harap), tetapi idenya masih valid.

Semakin cepat Anda menghubungi perusahaan asuransi Anda, semakin mudah untuk mengajukan pertanyaan yang Anda butuhkan untuk mendapatkan data yang paling akurat. Tidak buruk untuk membuat panggilan telepon di lokasi kecelakaan jika memungkinkan.

Jadilah Kooperatif dan Cepat

Kebanyakan kecelakaan kecil dapat ditangani dengan relatif mudah oleh tuner. Dia melakukannya ratusan kali. Ini tidak berarti bahwa klaim tidak dapat dipertahankan dengan beberapa bukti atau informasi yang hilang.

Jika koordinator menelepon Anda dan meninggalkan pesan yang meminta Anda untuk menelepon kembali, lakukan sesegera mungkin. Komunikasi yang baik antara perusahaan asuransi dan penggugat sangat penting. Juga, sulit untuk mengeluh tentang kecepatan pemrosesan yang lambat.

Harus Jujur

Aturan ini mungkin tampak jelas, tetapi tidak semua orang mengikutinya. Adalah manusia untuk ingin menghindari penderitaan, dan mengakui tanggung jawab atas suatu kecelakaan bisa sangat menyakitkan. Tetapi jika Anda telah berdosa, jangan mencoba melarikan diri darinya dengan berbohong. Pertama-tama, kecelakaan asuransi memiliki banyak pengalaman dengan kecelakaan dan serat.

Mereka sangat pandai mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, dan jika Anda kurang terbuka terhadap fakta, itu bisa sangat buruk bagi Anda. Ingat “perbaikan ganda”? Penipuan asuransi disukai dan dapat membebani Anda lebih dari kenaikan premi yang bisa Anda dapatkan dengan mengakui kesalahan Anda.

Jika Anda mencari kesimpulan cepat untuk proses klaim Anda, ketidakjujuran akan memperlambat Anda dan terkadang menghentikan Anda.

Halo, terima kasih telah membaca postingan saya. Saya memiliki 10 tahun pengalaman bekerja di bidang asuransi. Temukan tips, panduan, dan informasi terbaik dari banyak skema asuransi yang tersedia di Amerika Serikat. Bandingkan paket asuransi dan bandingkan tarif untuk membantu Anda menghemat uang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *